5 Resep Takjil Segar dan Sehat ala Dokter Zaidul Akbar dari JSR, Mudah Dibuat dan Dijamin Lezat! Buka Puasa dengan Takjil Sehat ala JSR untuk Mempertahankan Kesehatan Selama Ramadan.

Menjaga kesehatan saat berpuasa adalah tantangan besar bagi banyak orang. Namun, takjil sehat ala JSR atau Jurus Sehat Rasulullah yang digagas oleh dokter Zaidul Akbar dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan Anda selama Ramadan.

Menu Buka Puasa dengan Konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

Takjil atau makanan kecil yang dikonsumsi saat berbuka puasa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tradisi Ramadan di Indonesia. Namun, kebanyakan takjil yang tersedia di pasaran mengandung banyak gula dan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, seorang dokter bernama Zaidul Akbar mengusulkan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) sebagai alternatif takjil sehat yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa resep takjil sehat ala JSR dari dokter Zaidul Akbar yang mudah dibuat dan dijamin segar.

Selain itu, kami juga akan membagikan resep minuman sehat dan camilan sehat lainnya yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Yuk, coba variasikan menu berbuka puasa Anda dengan resep takjil sehat dan lezat ini.

Bagaimana cara membuat takjil yang sehat dan lezat? Dokter Zaidul Akbar membagikan resep takjil sehat ala JSR atau Jurus Sehat Rasulullah yang mudah dibuat di rumah.

Takjil umumnya berupa es dengan banyak kandungan gula seperti es teler, es sirup buah, es cendol, dan es campur. Namun, penggunaan gula yang berlebihan justru tidak sehat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan setelah berpuasa Ramadan.

Berikut beberapa resep takjil sehat ala JSR yang dirangkum dari berbagai sumber:

Es Teler Sehat

Es Teler Sehat ala JSR Portal Berita

Bahan yang diperlukan: air kelapa muda (1 buah dan dagingnya), mangga (1-2 buah), nangka (5-7 biji), chiaseeds (1 sdm), sarilemon (1-2 sdm), madu (5-6 sdm), dan es batu (opsional).

Cara membuatnya: Tuang air kelapa ke dalam wadah, potong-potong buah mangga dan nangka, lalu masukkan ke dalam air kelapa. Rendam chiaseed di air panas hingga mengembang, campurkan ke dalam air kelapa, dan beri lemon, madu, dan es batu.

Es Teh Lemon Sereh

Es Teh Lemon Sereh ala JSR - Portal Berita

Bahan yang diperlukan: 2 kantong teh hijau, 5 batang sereh, 1/2 buah lemon, 1 sdm chiaseed, 20ml madu (sesuai selera), dan 750ml air.

Cara membuatnya: Rebus sereh dalam 750ml air hingga mendidih, masukkan teh hijau dan matikan api. Cuci lemon dengan baking soda, potong sesuai selera, lalu masukkan chiaseed yang sudah direndam 10 menit dan madu.

Es Cincau Kurma

Es Cincau Kurma ala JSR Portal Berita Top

Bahan yang diperlukan: santan segar (250ml), kurma sukari (5 butir), cincau hitam (secukupnya), dan alpukat (1/2 buah).

Cara membuatnya: Blender 250ml santan segar dengan kurma, masukkan hasil blenderan ke dalam mangkuk, masukkan cincau dan alpukat.

Sirup Sehat

irup Sehat ala JSR Portal Berita Top

Bahan yang diperlukan: nanas (1 buah), apel merah/hijau (1 buah), timun (1 buah), wortel (1 buah), jahe (1 ruas), air lemon (secukupnya), madu (secukupnya), dan es batu (opsional).

Cara membuatnya: Cuci dan potong semua buah, juicer semuanya tanpa ampas, tambahkan air lemon dan madu sesuai selera, lalu hidangkan bersama es batu.

Agar-agar Kecerdasan

Agar-agar Kecerdasan ala JSR di Portal Berita

Bahan yang diperlukan: agar-agar plain (1 bungkus), air bunga telang (300ml), kacang pistachio (20gr), kismis (20gr), dan madu.

Cara membuatnya: Campurkan air bunga telang yang masih hangat dengan tepung agar-agar dan madu, aduk hingga larut.

Siapkan untuk menu buka puasa bersama keluarga.

Takjil Sehat ala JSR atau Jurus Sehat Rasulullah semoga bermanfaat

Semoga dengan ke lima resep takjil sehat ala JSR atau Jurus Sehat Rasulullah yang digagas oleh dokter Zaidul Akbar. Rekomendasi tersebut sangat cocok untuk dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan selama bulan Ramadan tanpa harus mengonsumsi takjil yang mengandung banyak gula dan lemak.

Salah satu resep takjil sehat yang disarankan adalah es teler sehat yang terbuat dari air kelapa, buah mangga atau nanas, nangka, chiaseeds, sarilemon, dan madu. Selain itu, ada juga es teh lemon sereh, es cincau kurma, sirup sehat, dan agar-agar kecerdasan yang bisa dicoba.

Dengan memilih takjil sehat ala JSR, Anda bisa tetap menjaga kesehatan dan tidak khawatir berat badan naik setelah selesai berpuasa. Selain itu, resep takjil tersebut mudah dibuat dan tentunya segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba dan memasukkan takjil sehat ala JSR ke dalam menu buka puasa Anda.